Bidang Studi

Bidang Studi Hukum Tata Negara 

Fakultas Hukum Universitas Indonesia

 

Para tenaga pendidik di FHUI tergabung ke dalam beberapa bidang studi. Bidang Studi merupakan organisasi di dalam fakultas di mana para tenaga pendidik tergabung dan berkelompok sesuai minat dan keahlian masing-masing. Bidang-bidang Studi bertugas untuk membina keilmuan serta mengoordinasikan pengembangan mata kuliah dan metode pengajaran di masing-masing bidang ilmu hukum yang ditekuni.

Bidang studi Hukum Tata Negara merupakan salah satu dari bidang studi lainnya yang ada di FHUI. Bidang studi HTN berfokus pada pembelajaran hal ihwal pranata hukum kenagaraan yang merujuk kepada sumber dari segala sumber hukum yaitu undang-undang dasar. Bidang studi HTN menawarkan mata kuliah-mata kuliah yang terkait dengan hukum kenegaraan atau constitutional law yaitu antara lain asas-asas hukum tata negara, lembaga-lembaga negara di Indonesia, lembaga kepresidenan, lembaga perwakilan rakyat, kekuasaan kehakiman dalam perspektif hukum tata negara, peradilan konstitusi, pemilihan umum, negara dalam perspektif hukum islam, dan lainnya.

Para tenaga pendidik pada Bidang Studi HTN memiliki tujuan agar para mahasiswa yang mengambil matakuliah-matakuliah hukum tata negara memiliki kompetensi dalam menjelaskan dan memberikan analisa terkait konsep dan teori terhadap pengaturan dan praktik ketatanegaraan yang berlaku saat ini.

Guru Besar

Prof. Dr. Ismail Suny, S.H., M.CL
Prof. Dr. Harun Al Rasid, S.H.
Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc
Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H.
Prof. Dr. Abdul Bari Azed, S.H., M.H.
Prof. Dr. Ramly Hutabarat, S.H., M.H.
Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H.

Ketua Bidang Studi
Dr. Fitra Arsil, S.H., M.H.

Sekretaris Bidang Studi
Nur Widyastanti, S.H., M.H.

Pengajar

Dr. Hamid Chalid, S.H., LL.M.
Makmur Amir, S.H., M.H.
Dr. Fatmawati, S.H., M.H.
M. Novrizal Bahar, S.H., LL.M
Mustafa Fakhri, S.H., M.H., LL.M.
Yunani Abiyoso, S.H., M.H.
Ryan Muthiara Wasti, S.H., M.H.
Ghunarsa Sujatnika, S.H., M.H.
Ali Abdillah, S.H., LL.M.
Qurrata Ayuni, S.H., MCDR.